Rabu, 28 Oktober 2015

HIDUP BERSAMA AL QUR'AN

Assalamu'alaikum
Alhamdulillah, Puji syukur saya ucapkan karena saya masih diberikan nikmat hidup oleh Allah SWT
sehingga saya dapat menyampaikan tausiyah yang Insya Allah bermanfaat untuk kita semua
Saya akan menyampaikan tausiyah tentang "Hidup Bersama Al-Qur'an", sebagaimana yang kita tau, dizaman kita sekarang ini sudah banyak sekali orang-orang yang jauh dari Al-Qur'an, dan tidak menjadikan Al-Qur'an sebagai wujud keseharian mereka.
Andaikata Al-Qur'an menjadi wujud keseharian, pasti akan tercipta kedamaian yang sangat merata antara dunia dan akhirat yang belum pernah kita bayangkan sebelumnya.
Pasti sangat indah...


Rasul bersabda :
"Bacalah Al-Qur'an, karena sesungguhnya Al-Qur'an itu akan datang sebagai pemberi syafa'at bagi yang membacanya, nanti di hari kiamat. Bacalah surat Al-Baqarah dan Ali 'Imran, bacalah Az Zahrawain, karena sesungguhnya pada hari kiamat keduanya akan menjadi gumpalan awan atau rombongan burung yang berbaris-baris dan menaungi orang-orang yang membacanya ( HR. Muslim )

Sesesat-sesatnya manusia adalah dia yang berpaling dari Al-Qur'an, dari pengalaman Al-Qur'an, dari penghayatan Al-Qur'an dan dari keharusan menjadikannya sebagai sumber hukum.
Hati yang tidak sadar sama sekali akan Al-Qur'an adalah hati yang sia-sia, hati yang terlaknat, hati yang terkalahkan, dan hati yang dimurkai.

Syaikhul Islam Ibn Taimiyah berkata :
"Setiap hati yang tidak disinari cahaya Al-Qur'an adalah hati yang berlaknat dan setiap jiwa yang tidak pernah terbit darinya cahaya agama ini adalah jiwa yang terlaknat."

pesan yang dapat kita ambil, yaitu :"Barang siapa yang beritikad bahwa dirinya akan mendapat petunjuk selain petunjuk Allah, yang Muhammad SAW diutus dengan nya, niscaya baginya laknat Allah, para malaikat dan manusia seluruhnya."

Rasulullah bersabda :
"Sesungguhnya manusia yang didalam hatinya tidak ada sedikitpun Al-Qur'an adalah laksana timah yang hancur atau tiada penunggunya ( HR. Ahmad, Tirmidzi dan Ad Darimi )

Pembahasan hadist di atas, yaitu :"Seperti rumah yang menjadi sarang burung-burung, sarang binatang-binatang melata, dan hewan liar lainnya. Tidak akan memancarkan sinar, tidak akan berbunga, tidak akan bahagia dan tidak akan senang."



Pesan yang dapat kita ambil (Kesimpulan) dari uraian diatas tadi
"HIDUP LAH BERSAMA AL-QUR'AN"
Insya Allah jiwa dan raga serta hati akan merasa tenang karena kedekatan kita kepada Sang Pemilik Bahasa-Nya yaitu Allah SWT yang memberi petunjuk kepada kita.



Sekian tausiyah yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya untuk kita semua.
Dan saya sangat berharap bagi siapa yang telah membaca tausiyah saya ini, tersentuh hati nya, agar kembali ke jalan Allah dan bertaubah kepada Nya.
Wassalamu'alaikum🙏

Tidak ada komentar:

Posting Komentar